SOP PERSIAPAN PELAYANAN

logo kabupaten bantul.png

PERSIAPAN PELAYANAN

logo-puskesmas.png

SOP

No. Dokumen: 
No. Revisi:01
Tanggal Terbit: 
Halaman:1/2

Puskesmas Banguntapan II

 

dr.Wahyu Pamungkasih

NIP.198008052006042019

1.

Pengertian

Persiapan pelayanan adalah suatu proses kegiatan untuk menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pelayanan pasien

2.

TujuanMempersiapkan ruangan alat obat dan bahan habis pakai untuk menjamin kelancaran pelayanan di BP Gigi 

3.

KebijakanSK Kepala Puskesmas Banguntapan II nomor 

4.

Referensi
  1. Petunjuk Teknis Pelayanan Puskesmas pada Masa Pandemi Covid 19 Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan kementrian Kesehatan 2020
  2. Surat Edaran No.2776/PB PDGI/III-3/2020 tentang Pedoman Pelayanan Kedokteran Gigi Selama Pandemi Virus Covid-19
  3. Buku Standar Operating Procedure (SOP) Pengobatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Tahun 2011

 

 

5.

Prosedur / Langkah-langkah
  1. Petugas mengontrol dan memastikan kesiapan ruangan (kebersihan, cahaya lampu, sirkulasi udara)
  2. Petugas mengontrol dan memastikan saklar dan kran kompresor siap pakai
  3. Petugas mengontrol dan memastikan dental unit siap pakai,yang terdiri dari :
  4. Water tank air kumur dan pembuangan mengalir lancar
  5. Kursi   gigi dapat diatur posisi naik turun dan tegak rebah sandaran kepala
  6. Bur highspeed, low speed berputar lancer
  7. Air dan water spray bisa mengalir
  8. Water dan blood suction bisa beroperasi
  9. Petugas menyiapkan gelas kumur dan tissue pasien
  10. Petugas menyiapkan diagnostic set 
  11. Petugas menyiapkan alat dan bahan penumpatan
  12. Petugas menyiapakan alat dan bahan pencabutan
  13. Petugas menyiapkan alat dan bahan skaling (pembersihan karang gigi)
  14. Petugas menyiapkan emergency kit 
  15. Petugas memastikan dental aerosol suction system COXO siap pakai
  16. Petugas menyiapkan tempat sampah medis dan non medis
  17. Petugas menyiapkan rendaman alkazyme sesuai dosis
  18. Petugas memastikan ketersediaan hand soap dan hand sanitizer
  19. Petugas memastikan ketersediaan air galon untuk kumur pasien
  20. Petugas menyiapkan kelengkapan adminnstrasi sebagai berikut
  21. Buku register dan ATK
  22. Berkas informed cosent tindakan
  23. Berkas odontogram
  24. Berkas kwitansi pembayaran
  25. Berkas keterangan tarif pelayanan BP Gigi
  26. Berkas permintaan pemeriksaan laboratorium
  27. Berkas Surat keterangan sakit
  28. Berkas resep luar

6.

Bagan Alir

 

 

7

Hal-hal yang perlu diperhatikan 

8.

Unit terkaitUnit pelayanan gigi

9.

Dokumen terkaitCheck List persiapan pelayanan

10.

Rekaman historis perubahan

No

Yang diubah

Isi Perubahan

Tanggal mulai diberlakukan

1.

Kebijakan Revisi kebijakan

 

2. 

ReferensiReferensi sesuai panduan pelayanan di era pandemic Covid19

 

3

Prosedur/ Langkah-langkahProsedur/ Langkah-langkah sesuai panduan pelayanan di era pandemic Covid19

 

 

 

SOP PASCA PELAYANAN

logo kabupaten bantul.png

PASCA PELAYANAN

logo-puskesmas.png

SOP

No. Dokumen: 
No. Revisi:01
Tanggal Terbit: 
Halaman:1/2

Puskesmas Banguntapan II

 

dr.Wahyu Pamungkasih

NIP.198008052006042019

1.

Pengertian

Pasca pelayanan adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan petugas setelah melakukan pelayanan pada pasien meliputi administrasi pengelolaah alat / instrument bahan dan alat yang dipakai pada saat pelayanan

2.

TujuanSebagai pedoman kerja bagi dokter gigi dan perawat gigi dalam melakukan kegiatan pasca pelayanan

3.

KebijakanSK Kepala Puskesmas Banguntapan II nomor 

4.

Referensi
  1. Petunjuk Teknis Pelayanan Puskesmas pada Masa Pandemi Covid 19 Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan kementrian Kesehatan 2020
  2. Surat Edaran No.2776/PB PDGI/III-3/2020 tentang Pedoman Pelayanan Kedokteran Gigi Selama Pandemi Virus Covid-19
  3. Buku Standar Operating Procedure (SOP) Pengobatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Tahun 2011

 

 

5.

Prosedur / Langkah-langkah
  1. Petugas menulis kunjungan pasien pada buku register dengan lengkap
  2. Petugas memasukkan hasil kunjungan di DGS atau P care apabila DGS server error
  3. Petugas mengembalikan Rekam Medis ke unit RM
  4. Petugas memakai sarung tangan, melakukan proses dekontaminasi dan pencucian alat
  5. Petugas membuang sampah medis dari dental unit 
  6. Petugas mengembalikan posisi dental unit, mengeluarkan mata bor high speed maupun low speed
  7. Petugas mematikan sumber listrik dental unit
  8. Petugas membuang angin kompressor

     

6.

Bagan Alir

 

 

7

Hal-hal yang perlu diperhatikan 

8.

Unit terkait
  1. Unit pelayanan gigi
  2. Kesling

9.

Dokumen terkaitCheck List pasca pelayanan

10.

Rekaman historis perubahan

No

Yang diubah

Isi Perubahan

Tanggal mulai diberlakukan

1.

Kebijakan Revisi kebijakan

 

2. 

ReferensiReferensi sesuai panduan pelayanan di era pandemic Covid19

 

3

Prosedur/ Langkah-langkahProsedur/ Langkah-langkah sesuai panduan pelayanan di era pandemic Covid19